Sparkly Santa Hat Ice Cream

Rabu, 28 Mei 2014

Kunjungan ke Museum Gunung Merapi


Liburan Sambil Belajar


            Selasa, 15 April 2014 sekitar jam 09.00 WIB kami (kls XD) akan berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Kami berkunjung karena mau ngerjain tugas geografi sih, sekalian jalan-jalan mumpung libur. Hmm.. karena berhubung disekolah lagi melaksanakan UN, jadi kami semua berkumpul di bunderan UGM, dengan mengendarai motor.
            Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, akhirnya kami semua sampai di museum. Museum merapi merupakan museum bersejarah yang terdapat di Yogyakarta tepatnya Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari luar museum ini tampak desainnya sangat bagus dan areanya sangat luas. Sebelumnya kami diharuskan membayar tiket Rp 3.000,- per anak sebelum memasuki museum. Isi museum bukan hanya tentang gunung merapi, tapi juga banyak informasi mengenai gunung api yang berada di Indonesia dan informasi mengenai bencana alam yang pernah terjadi, seperti gempa dan tsunami.
            Di dalam museum juga dilengkapi gambaran semua gunung api yang ada di Indonesia, bukan hanya gambar, tetapi dilengkapi dengan alat peraga peta gunung api dengan petunjuk nama dan lokasi dari setiap gunung api. Sepanjang dinding juga dilengkapi dengan foto-foto dari proses erupsi gunung api dari tahun ke tahun. Ada juga bebatuan yang dikumpulkan dari setiap gunung api lengkap dengan nama batu dan dari mana batu tersebut berasal, barang-barang atau peralatan rumah tangga juga yang menjadi dampak dari letusan gunung api tersedia disini, dan masih banyak lain.
            Di museum ini terdapat banyak sejarah tentang gunung api, di lengkapi dengan gambar miniatur-miniatur gunung api. Di jelaskan juga bagaimana proses terjadinya erupsi dan adanya pemutaran film mengenai terjadinya erupsi gunung api.
            Setelah berkeliling museum dan semuanya sudah dijelajahi, kami pun keluar dari museum. Namun sebelumnya kami mengabadikan kunjungan kami dengan berfoto. Tidak lama setelah itu kami meninggalkan museum dan sebelum pulang, diperjalanan kami makan siang bersama terlebih dahulu, lalu setelah itu kami melanjutkan perjalanan pulang. Sungguh pengalaman dan perjalanan yang mengasyikkan dan sangat berkesan buat kami. 

Ini sedikit dari banyak foto ketika berkunjung kesana J

gb. erupsi 2010
gb. erupsi 1994-2006
gb. Gunung Api Indonesia

gb. batuan dari setiap gunung api
gb. globe

gb. miniatur letusan gunung api

gb. selayang pandang merapi



gb. kami ^_^













Tidak ada komentar:

Posting Komentar